Breaking News
Loading...

Cara Meningkatkan Kapasitas Paru-paru Manusia


Cara Meningkatkan Kapasitas Paru-paru Manusia - Paru-paru adalah organ dalam yang dilindungi oleh rongga dada manusia. Organ ini sangat penting bagi sistem pernapasan manusia. Oleh karenanya, kita harus menjaga kesehatan dan kapasitas paru-paru ini. Mengingat semakin banyaknya polusi zaman sekarang ini, paru-paru kita bekerja lebih keras untuk menyaring semua zat-zat asing yang masuk ke dalamnya. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru sekaligus meningkatkan kapasitasnya. 


1. Biasakan diri untuk menarik napas dalam-dalam. Hal ini membuat paru-paru tidak kekurangan udara bersih untuk dialirkan pada seluruh jaringan tubuh. Cobalah untuk tarik napas dalam-dalam, lalu tahan sebentar, dan keluarkan. Lakukan hal itu selama 1 menit, maka paru-parumu dapat menerima pasokan udara lebih banyak dari biasanya. 
2. Biasakan bernapas dengan aliran yang benar, yaitu hiruplah udara melalui hidung, lalu keluarkan melalui mulut dengan kedua bibir yang terbuka sedikit. Itu membuat kantung paru-paru kamu terbiasa untuk menahan udara lebih lama di dalam. 
3. Bernapaslah melebihi dari apa yang otakmu pikirkan. Jangan bernapas menuruti pikiranmu, tapi ikutilah kapasitas paru-parumu. Jadi, hiruplah udara segar sampai kamu merasakan paru-parumu sudah penuh terisi. 
4. Berlatihlah di dalam air. Cara yang tepat untuk melatih paru-paru kamu adalah dengan menahan napas di dalam air. Caranya seperti berikut ini: Tarik napas dalam-dalam sampai paru-parumu penuh terisi, lalu masuklah ke dalam air sambil menahan udara yang sudah kamu hirup. Setelah beberapa detik di dalam air, keluarkan udara tersebut secara perlahan dari mulut. Jika ini dilakukan berulang kali, maka kapasitas paru-parumu akan meningkat. 
5. Berolahragalah dengan teratur. Olahraga pun dapat menjadi alat latihan yang baik bagi paru-paru kamu. Jogging, senam, bersepeda, atau berenang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-parumu untuk menghirup dan menahan udara lebih lama. Hal ini dikarenakan, olahraga membuat orang bernapas lebih cepat dan menghirup udara lebih banyak dari biasanya untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang meningkat akibat metabolisme tubuh yang meningkat pula. Jadi, menjaga kesehatan paru-paru serta meningkatkan kapasitasnya merupakan hal yang mudah, bukan? Kamu hanya perlu olahraga yang teratur serta latihan bernapas sederhana secara rutin. Dengan banyaknya volume udara yang terus keluar-masuk di paru-parumu, maka dengan sendirinya organ pernapasan ini dapat membersihkan zat-zat yang tidak diperlukan dalam sistem pernapasan.
Semoga kelima cara yang sudah dijabarkan di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan paru-parumu.


2 komentar:

  1. ini juga bisa atasi bagi peroko ya?

    BalasHapus
  2. @ Gopar: ane juga kurang tahu kalau itu sepertinya gak gan, percuma juga kalau kapasitas paru2 ditingkatkan tetapi masih tetap merokok.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer