Breaking News
Loading...

Trik Jitu Meningkatkan Page Views Blog


Setiap blogger tentunya menginginkan page views yang tinggi. Mengapa? Selain menunjukkan kualitas konten blog, page views yang tinggi juga merupakan salah satu daya tarik untuk para pemasang iklan.
Bagaimana cara meningkatkan page views? Di bawah ini 16 caranya yang saya rangkum dari pengalaman sendiri.

Faktor eksternal

Faktor eksternal ini adalah jumlah pengunjung. Semakin banyak pengunjung, maka semakin tinggi pula page views. Di bawah ini cara-cara meningkatkan pengunjung.

1. SEO
Search engine optimization (SEO) merupakan upaya menoptimasi blog untuk mejaring pengunjung dari mesin pencari. Semakin bagus posisi blog atau postingan di mesin pencari (misal di halaman satu Google), maka semakin besar pula peluang mendapatkan pengunjung. Jika Anda tertarik dengan SEO, silakan baca postingan saya sebelumnya yaitu Cara Menjadikan blog Nomor Satu di Google.

2. Blogwalking
Blagwalking adalah mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar di blog tersebut. Semakin rajin Anda blogwalking, semakin besar pula dikunjungi oleh pemilik blog atau pengunjung blog bersangkutan yang tertarik terhadap komentar Anda. Agar efektif, berikan komentar yang berkualitas saat Anda blogwalking sehingga memancing ketertarikan blogger lain untuk mengunjungi blog Anda. Cara Mengetahui Blog Nofollow atau Dofollow.

3. Kirim postingan ke situs sosial bookmarking
Anda bisa mendaftarkan postingan Anda ke beberapa situs sosial bookmarking. Untuk blog bahasa Indonesia, Anda bisa menggunakan Lintas Berita dan InfoGue. Jika postingan Anda ada yang menjadi artikel hot, maka jumlah pengunjung dari situs ini sangat besar yaitu mencapai ribuan orang per hari.

4. Aktif di forum
Forum merupakan salah satu sarana yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan postingan. Biasanya Anda membuat thread atau link ke postingan Anda. Bila postingan Anda menjadi ngetop, jumlah pengunjung yang didapatkan tidak jauh beda dengan jumlah pengunjung dari situs sosial bookmarking.

5. Menjadi blogger tamu
Dengan menjadi blogger tamu di blog ternama, Anda berkesempatan untuk melink ke postingan atau homepage Anda. Dengan demikian, peluang mendapatkan banyak pengunjung semakin besar.

6. Direferensikan oleh blogger lain
Pengunjung akan meningkat bila ada blogger lain yang mereferensikan postingan atau blog Anda. Terlebih bila yang mempromosikannya adalah blogger terkenal. Tentunya ini bergantung kepada kualitas konten yang Anda miliki.

7. Buat sesi RSS di blog Anda yang lain
Sesi ini sangat mudah dibuat di wordpress karena ada widget RSS. Dengan mengaktifkan widget ini, maka postingan terbaru Anda akan muncul di blog Anda yang lain. Secara pribadi, saya menempatkan sesi RSS di Blogotainmen dan blog gratisan saya sehingga postingan terbaru Blogodolar muncul secara otomatis.

Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor-faktor yang membuat pengunjung nyaman dan tertarik membuka postingan Anda.

8. Desain tampilan blog agar loadingnya tidak bermasalah
Apapun hosting dan theme/template yang Anda gunakan, desainlah blog Anda agar loading time-nya cepat. Dengan demikian, pengunjung tidak terganggu dalam membuka postingan Anda. Trik-trik di bawah ini bisa digunakan untuk memperoleh loading time yang relatif cepat:
  • Sedikit mungkin memasang banner yang terbuat dari java script.
  • Seoptimal mungkin mengguanakan widget. Secara pribadi saya hanya menggunakan kurang dari 10 widget dan hanya menaruhnya di sidebar.
  • Gunakan plugin seperlunya. Hapus juga plugin yang tidak digunakan agar tidak memakan tempat di database hosting.
9. Buat Judul yang menarik

Bila Anda mengunjungi suatu blog, mungkin saja Anda mengklik beberapa postingan yang ada di blog tersebut. Mengapa? Hal ini karena Anda tertarik ingin mengetahui lebih jauh isi postingan tersebut. Oleh karena itu, buatlah judul yang menarik. Jika Anda belum familiar dengan hal ini, silakan simak 6 Cara Mudah Membuat Judul yang Menarik Minat Baca Pengunjung.

10. Buat internal link
Buat intenal link ke postingan Anda sebelumnya jika postingan yang Anda buat ada hubungannya.  Jumlah link internal pun harus proporsional agar tidak mengganggu kenyamanan pembaca. Jangan lupa, berilah warna link sejelas mungkin agar mudah diidentifikasi oleh pengunjung.

11. Buat Postingan Serial
Postingan serial adalah postingan bersambung dari satu topik yang tidak mungkin dibahas dalam satu postingan. Misalnya saja Anda akan menulis topik Mike Tyson. Postingan serial yang bisa Anda buat antara lain 10 Petinju yang di KO Mike Tyson dalam Satu Ronde, 5 Petinju yang Mengalahkan Mike Tyson, dan 10 Petinju yang Susah Dikalahkan Mike Tyson.
Bila pengunjung menemukan salah satu tulisan di atas, besar kemungkinan dia akan melihat 2 postingan yang lainnya karena memang sambung menyambung.

12. Buat sesi postingan terkait
Tidak semua postingan harus disisipi link internal. Agar pengunjung mengetahui postingan relevan dengan postingan yang tidak ada link internalnya, maka buatlah sesi postingan terkait. Bila Anda menggunakan wordpress.org, postingan terkait dibuat dengan menggunakan plugin.

13. Buat sesi postingan terpopuler dan terbaru
Postingan terpopuler akan bermanfaat bagi pengunjung baru, sehingga ia bisa mengenali postingan mana yang paling banyak dibaca di blog Anda. Adapun postingan terbaru akan memberikan informasi terkini, baik kepada pengunjung baru ataupun pengunjung lama.

14. Buat navigasi sesederhana mungkin
Navigasi di sini adalah halaman, kategori, tempat pencarian, dan arsip yang mudah dikenali dan dilihat pengunjung. Oleh karena itu, sediakan dan buatlah navigasi yang mudah dikenali pengunjung. Misalnya, pengunjung dapat dengan mudah melihat arsip Anda pada 6 bulan yang lalu. Jika Anda menggunakan wordpress, Anda bisa menggunakan plugin Wp-Archives untuk membuat arsip yang lebih informatif.

15. Tempatkan Iklan PPC secara proporsional
Postingan yang dipenuhi iklan akan membingungkan pembaca sehingga besar kemungkinan ia akan lekas kabur dari blog Anda. Oleh karena itu, tempatkanlah iklan tersebut secara proporsional, misal di bawah postingan saja.

16. Kuantitas postingan
Selain kualitas, kuantitas postingan juga berpengaruh terhadap page views. Semakin banyak jumlah postingan, semakin banyak pula postingan yang bisa dibaca pengunjung.
Itulah 16 cara yang saya lakukan untuk meningkatkan page views blog yang saya miliki. Jika Anda punya cara selain 16 cara di atas, silakan membagikannya di komentar. Tentunya cara Anda tersebut akan bermanfaat bagi saya dan teman-teman yang lain.

21 komentar:

  1. sob bisa request artikel gak ??

    BalasHapus
  2. request supaya dapet link in dari alexa gan soalnya saya susah banget gan nembusin link in saya , tolong ya gan

    BalasHapus
  3. ... tulisan yg sangat menarik,
    thank ya sob, sebagai bahan masukan buat saya !

    BalasHapus
  4. bener sob , biar gak no data

    BalasHapus
  5. Nice post sahabat. ga bosen-bosennya baca artikel SEO. guna untuk meningkatkan traffict blog kita. sukses selalu sob. Salam persahabatan. :)

    BalasHapus
  6. Dari sekian trik yang ada, BW merupakan hal yang paling melelahkan bagi saya mas, submit ke SB juga kadang-kadang aja, gak sering-sering amat. ya emang hasilnya sangat mengenaskan

    BalasHapus
  7. hei follow dong blog saya http://blogonworlds.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Trik yang menark.Akan dicobat dipraktekkan.
    Maklum masih harus banyak belajar.
    Terima kasih...

    BalasHapus
  9. gan ini untuk wordpres...???? kalau blogspot gimana gan....?????
    minta pencerahannya dong....???
    thank's

    BalasHapus
  10. gan buat blogger gmn ane setuju sama yg di atas ane

    BalasHapus
  11. Sekalian Follow sob, folowback ya,. gag bisa pesan di shoutix, karena limit :)

    BalasHapus
  12. Kalau saya lebih mengutamakan SEO dan blogwalking serta memberikan komentar di blog sobat blogger, untuk mendapatkan PageVies yng banyak...

    BalasHapus
  13. @ Free Download Full n Free : Saya cek dulu gan..

    @ Obat Keputihan : Sama2 :)

    @ Asis Sugianto : Setujua mas saya dengan anda SEO & Blogwalking selama ini memang terbukti ampuh untuk meningkatkan pageviews blog ^-^

    BalasHapus
  14. O gitu caranya...
    terima kasih sudah mau berbagi

    BalasHapus
  15. @ Obat Diabetes Kencing Manis : Sama2 mas sudah mau berkunjung ke bog saya.

    BalasHapus
  16. Teeerima kasih tipsnya, ijinmau di praktikkan yaa..
    Obat Impotensi

    BalasHapus
  17. Wah...Terima kasih ya...
    Akan saya terapkan
    Maklum masih pemula...

    BalasHapus
  18. Sip sob info yang keren untuk segera dipraktekan :D

    BalasHapus
  19. makasih atas tutorialny ya, langsung dicoba

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer