Breaking News
Loading...

10 Teknik dan Metode SEO Untuk Blog Anda

Belajar seo indonesia

Teknik dan Metode SEO untuk blog. Tulisan ini akan memberikan gambaran kepada Anda apa saja teknik dan metode Search Engine Optimization (SEO) yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan trafik menuju blog/website Anda. Ingat bahwa trafik adalah kunci sukses adanya sebuah blog/website, tanpa trafik Anda akan gigit jari selamanya.

 

1. Penentuan Topik Blog

Hal ini adalah yang paling utama, kenapa? justru ini adalah kekuatan dari adanya blog Anda. Jangan pernah memilih tema ataupun topik yang terlalu beragam. Jika sebuah blog memilih sebuah topik yang khusus atau spesial pasti akan mendapatkan perhatian khusus oleh para pengunjung blog Anda. Mereka akan percaya bahwa Anda adalah seorang yang ahli dalam hal tersebut.
Menuliskan banyak yang sangat berbeda akan membuyarkan konsentrasi Anda dan pembaca blog Anda. Pilihlah tema yang paling Anda kuasi dan kupaslah secara lebih mendalam. Saya secara pribadi masih sangat yakin bahwa konten dalam sebuah blog adalah SEO itu sendiri dibanding Anda menggunakan teknik yang banyak diajarkan bahkan Anda harus mengeluarkan sejumlah uang. Istilah Content is a King menurut saya masih merupakan hal yang paling penting dari apapun teknik dan metode SEO yang pernah Anda baca.
Jika tema yang Anda angkat adalah sejenis maka setiap halaman yang sudah pernah Anda buat akan meningkat secara signifikan dengan sendirinya karena akan saling berkaitan satu sama lain pada mesin pencari seperti Google. Anda dapat melihat artikel saya tentang “template blogspot” yang saya tulis dan kupas tuntas yang didasari kenapa banyak orang yang gagal mengganti template mereka.

2. Desain Blog

Desain yang dimaksud dalam bagian ini adalah struktur website Anda atau tag html/xhtml yang Anda gunakan. Mesin pencari sangat senang dengan desain blog yang bersih dari “sampah”, benar dalam menuliskan kode-kode html serta gampang untuk dinavigasi.
Hindari penggunaan iFrame, multimedia Flash dan Java Script yang berlebihan. Pastikan juga blog Anda dapat dilihat dengan baik pada beberapa browser utama yaitu Mozilla Firefox (setidaknya versi 3.0) lalu Microsoft Internet Explorer (setidaknya versi 7.0), kemudian Opera minimal versi 10.
Jika Anda menggunakan desain template blog buatan orang lain pastikan Anda mengujinya pada ketiga browser tersebut secara visual lalu mengujinya pada halaman W3C Validator.

3. Tautan (Link) Internal

Anda wajib memiliki sebuah sitemap. Sitemap adalah peta situs yang menggambarkan seperti apa struktur halaman-halaman yang berada didalam blog Anda. Mesin pencari sangat mencintai adanya blog yang memiliki sitemap. Mesin cari akan mudah dan cepat untuk melakukan indeks pada blog Anda.
Jangan malas untuk melakukan cek sebuah tautan yang salah ketik atau sudah tidak ada lagi. Silakan gunakan bantuan Google Webmastertools untuk keperluan hal ini, dimana Google akan memberikan laporan berkala kepada Anda apakah ada sebuah tautan yang salah atau tidak. Khusus bagi yang menggunakan WordPress.org saya sangat merekomendasikan plugins dari Arne Brachhold yaitu XML Sitemap Generator for WordPress.

4. Perbarui Blog secara berkala

Kembali saya ingatkan bahwa mesin pencari akan lebih sering untuk melakukan cek terhadap blog Anda apabila Anda sering memperbaruinya. Tulislah konten baru setidaknya satu hingga tiga kali dalam seminggu lalu tingkatkan menjadi 1 kali dalam sehari. Memang hal yang tidak mudah untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki kesibukan lain selain ngeblog.
Namun jika Anda perhatikan poin 1 di atas hal ini akan sangat berkaitan, itulah gunanya bagi Anda untuk tidak menuliskan konten dalam banyak tema karena Anda cukup fokus pada sebuah tema saja.

5. Ekspor Tautan Anda

Jangan ragu untuk meletakkan tautan menuju sumber yang relevan dengan tema blog Anda. Juga jangan lupa untuk mempromosikan blog Anda pada banyak blog yang setema dengan blog Anda. Tentunya Anda akan paham apa yang saya maksud pada poin ini. Jangan pernah untuk mempromosikan blog Anda pada blog lain yang tidak ada hubungannya dengan blog Anda karena hanya akan membuang-buang waktu Anda yang berharga. Hal ini juga dipercaya untuk meningkatkan kredibilitas Anda dimata rekan-rekan blogger lain yang memiliki tema ataupun topik sejenis.

6. Gunakan Nama Domain yang baik

Penentuan nama domain harusnya merupakan hal yang pertama dilakukan, tapi tidak selalu menjadi patokan yang mempengaruhi tingkat trafik menuju blog Anda. Namun jika Anda ingin lebih baik dalam masalah ingatan lalu juga masalah kemudahan diucapkan maka penamaan domain akan menjadi hal yang sangat penting.
Memilih nama domain memang membutuhkan pengetahuan yang cukup mendalam jika Anda ingin segala sesuatunya sempurna. Namun sekali lagi saya tekankan hal ini tidak secara langsung memiliki efek yang berimbas pada baiknya teknik penerapan SEO pada blog Anda.

7. Pilihan Tema dalam Tiap-Tiap Konten/Artikel

Jika Anda sudah menentukan sebuah tema yang menjadi keahlian Anda atau setidaknya Anda menyukai tema tersebut maka galilah lebih dalam pengetahuan Anda. Saya yakin kemampuan Anda akan meningkat jika Anda cukup rajin mempelajarinya.
Dalam hal ini Anda harus tetap fokus pada tema utama dan wajib untuk membuat dan menciptakan tema yang lebih mendalam agar blog Anda menjadi lebih spesifik dan akhirnya Andalah pemenangnya. Sebagai contoh apabila Anda menuliskan banyak artikel tentang komputer, maka Anda dapat memaparkan juga kemampuan Anda menulis tentang nama virus-virus yang sedang merajalela saat ini dan bagaimana menanganinya menggunakan sebuah antivirus berdasarkan pengalaman Anda.

8. Perhatikan Jumlah Kata dan kata kunci dalam tiap artikel

Jumlah kata-kata yang pendek dalam sebuah artikel tidak akan mendapatkan perhatian oleh mesin pencari. Anda harus menuliskan sebuah artikel sedikitnya 300 kata. Jika Anda menggunakan WordPress sudah ada fitur yang akan mengontrol jumlah kata yang sudah Anda tuliskan, apabila lebih silakan namun jangan terlalu panjang dan sebaiknya dipisah dalam dua atau lebih tulisan berseri yang sejenis.
Ada beberapa anggapan cukup pada angka 200 kata saja, hal ini juga tidak salah menurut saya namun silakan Anda coba tambahkan gambar atau foto untuk mempercantik dan menguatkan teknik SEO. Ingat bahwa gambar juga mampu mendatangkan trafik apabila Anda bisa secar lebih spesifik memberikan nama file dan alternatif nama tautan untuknya.
Kata kunci atau keyword dalam artikel adalah wajib terus menerus untuk dilakukan. Lakukan sebisa mungkin untuk selalu menyelipkan kata kunci yang menjadi target Anda. Bisa dilakukan pada judul artikel, pada tag atau pada kategori yang Anda pilih juga pada gambar yang Anda sisipkan.

9. Hindari Duplikasi Konten

Ini adalah hal paling serius yang pernah ada. Harap ingat baik-baik bahwa mesin pencari tidak akan pernah menyukasi adanya duplikasi konten dalam blog Anda apalagi sama dengan miliki blog pada alamat yang lain. Konten yang sama akan merendahkan nilai blog Anda dimata mesin cari serendah mungkin.
Saran terbaik saya adalah lakukan rewrite artikel tersebut dengan bahasa Anda sendiri sehingga memiliki struktur tulisan yang berbeda namun tetap memiliki makna yang sama. Jika Anda bisa berbahasa Indonesia tentunya akan sangat mudah namun jika Anda tidak menguasai bahasa Inggris sebaiknya Anda serahkan pada ahlinya.

10. Gunakan Direktori Blog

Teknik SEO akan dapat lebih sempurna apabila Anda sering melakukan promosi. Walaupun sekali lagi saya lebih percaya kemampuan mesin pencari seperti Google yang akan melakukan dengan sendirinya tanpa kita suruh. Mesin pencari adalah alat yang paling efektif ketimbang direktori blog ataupun website, gratis dan akan natural untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Teknik dan Metode SEO Untuk Blog Anda


2 komentar:

  1. Sipppp....thanks ea....
    follow me www.sweetkorn.co.cc

    BalasHapus
  2. same2 kawan..thanks for your visit

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer