Breaking News
Loading...

Aksi untuk Indonesiaku

Aksi untukindonesiaku - Tahukah anda bahwa 50% penduduk Indonesia berusia di bawah 27 tahun? Ini artinya Indonesia memiliki banyak anak muda yang berpotensi memberikan kontribusi untuk negara Indonesia menjadi negara yang maju dan hebat. Sekarang adalah saatnya generasi muda mengambil peran.
Nah ngomong-ngomong tentang generasi muda pasti tidak jauh dari kata yang namanya dengan “sekolah” generasi muda sekarang ini kalau boleh jujur paling hanya 40% di sekolah yang benar2 giat belajar dan mencari ilmu sisanya hanya ikut2an, bercanda dan saling menunjukkan jati diri.
Dari situlah saya berfikir bagaimana caranya agar generasi muda yang disekolah ini tidak menganggap sekolah itu melelahkan, penuh PR dan jenuh (bosan). Saya menamakan cara ini adalah 5 langkah menjadi remaja cerdas dan gaul positif. Berikut 5 cara menjadi remaja cerdas yang fungsinya agar kita tidak jenuh / membosankan di sekolah. 

1. Rasa kesadaran diri dan tanggung jawab.

Kalau boleh bicara jujur sekarang generasi muda jarang yang memiliki kesadaran diri akan tugasnya sebagai pelajar. Sekarang tuh pendidikan lagi jamannya kelompok dalam tugas dan presentasi. Nah disini kita harus tanamkan motivasi diri sendiri pentingnya tanggung jawab terhadap tugas dan berikan motivasi kepada teman-teman satu kelompok di sekolah agar dia memiliki kesadaran diri dan tanggung jawab jika itu bisa terlaksanakan, saya jamin anda tidak akan dipusingkan lagi yang namanya PR. Bagaimana tidak jika dalam 1 kelompok anggotanya sudah ada tanggung jawab untuk mengerjakan tugasnya masing-masing maka tugas kelompok akan menjadi lebih cepat selesai.

http://afrizalbotong.files.wordpress.com/2011/01/pemerintah-melepaskan-diri-dari-tanggung-jawabnya.jpg?w=523
   
2. Isi waktu kosong pelajaran dengan membaca Al-qur’an / mendengarkan musik

Yang namanya pelajaran pasti ada waktu kosong. Waktu kosong disini bukanlah istirahat melainkan jam pelajaran kosong. Banyak hal bermanfaat yang bisa terisi di jam kosong mulai dari membaca Al-qur’an / buat yang agama berbeda bisa mendengarkan musik agar tidak jenuh dalam kelas. Survey di sebuah penelitian bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan pikiran positif dan menurunkan stress.

http://lamusiqueind.files.wordpress.com/2012/07/aaaaa.jpg

    3. Miliki Prinsip Hidup

Prinsip hidup sangat penting disekolah karena ini menentukan apakah kita bisa pandai bergaul dan cerdas disekolah / tidak. Orang yang memiliki prinsip hidup disekolah pasti tidak akan terpengaruh oleh hal-hal negatif karena dia tahu mana yang benar mana yang salah. Orang yang tidak miliki prinsip hidup pasti jiwanya mudah terpengaruh oleh hal negatif / bahasa lainnya ikut-ikutan sehingga dia akan merasa jenuh disekolah karena dirinya merasa ketergantungan dengan orang lain.

http://chrisphdlife.files.wordpress.com/2012/09/1133804_sign_success_and_failure.jpeg

  4. Gaul yang Central

Dari semua langkah yang sudah saya sebutkan sebenarnya saya lebih suka dengan yang ini Gaul yang central. Apa sih itu gaul central. Kebanyakan dari generasi muda sekarang ini lebih banyak memilih-milih teman kalau menurut saya ini tidak bagus karena akan timbul konflik berupa geng / kelompok di dalam sekolah. Orang yang hanya berteman dengan itu-itu saja pasti dia tidak akan bergaul dengan kelompok yang lain ini disebabkan karena dia tidak mau bergaul secara central.
  Gaul yang central dapat dilakukan dengan cara tidak memilih-milih teman, bergabung ke keompok teman yang berbeda. Fungsinya buat apa gaul central ini, yang namanya menjadi sosok paling central dikelas merupakan hal paling indah. 1. Saat presentasi di kelas tidak canggung lagi 2. Kamu menjadi satu-satunya orang yang paling diperhatikan dikelas 3. Kamu punya banyak teman dan tidak tergabung dalam kelompok / geng yang akan menimbulkan konflik berupa sindiran dan ejekan 4. Dan banyak hal lainnya yang bisa kamu lakukan so..kamulah sosok central dikelas.

http://1.bp.blogspot.com/_E6jacmAd43c/S4CKUNS6GiI/AAAAAAAAAFU/YZIVzXmZCYk/s320/cerdas+sosial.jpg
.   5. Belajar itu Memahami bukan sekedar menghafal.

Menurut survey yang saya lakukan sendiri disekolah sebagai pelajar . hanya 10% siswa yang didalam kelas memahami pelajaran yang diberikan guru sisanya 80% hanya menghafal pelajaran tersebut bahkan 10% lagi tidak mengerti pelajaran yang disampaikan gurunya. Woow..ini sunggu fantastis bayangkan cuman 10% yang memahami pelajaran yang disampaikan guru. Nah bagaimana cara kita agardapat memahami pelajaran tesebut. Langkah 1. Selalu Berkonsentrai saat guru menjelaskan. 2. Mencatat apa yang dijelaskan guru. 3. Bertanya apabila mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas. 4. Mempelajari kembali pelajarannya di rumah

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2011/02/12968248401164670689_300x310.67615658363.jpg

Nah itulah aksi untuk indonesiaku yang disekolah itu utamakan jiwa dulu kalau anda sudah bisa memanage jiwa anda sehingga tidak terpengaruh oleh orang lain baru anda fokus ke pelajaran. Karena jiwa itu penting butuh ketenangan, kalau tidak tenang pasti akan jenuh dan bagaimana bisa memahami pelajaran yang disampaikan guru.
http://www.lintas.me


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer