Breaking News
Loading...

Mengukur Kepercayaan Diri dan Kebahagiaan Anda

Mengukur Kepercayaan Diri dan Kebahagiaan Anda - Salah satu syarat untuk selalu bahagia adalah menerima setiap kondisi yang dialami diri sendiri. Memang tidak semua kondisi yang kita alami selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tak jarang ada perasaan marah, sedih, kecewa, dan lain-lain yang membuat kita terpuruk.
"Namun, semuanya tergantung bagaimana cara kita untuk menyikapi dan menerima diri kita sendiri agar lebih bahagia," tukas presenter Becky Tumewu, saat talkshow mengenai kepercayaan diri di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Lalu, sudahkah Anda bisa menerima semua kondisi diri Anda dan orang lain di lingkungan sekitar, dan mengubahnya menjadi kepercayaan diri dan kebahagiaan? Untuk mengukurnya, Becky menggunakan sebuah kuadran pengukur dan beberapa pertanyaan. Berani mencoba?
Caranya:
1. Buatlah dua buah kolom terpisah yang memuat sembilan baris menurun dan tiga kolom mendatar.
2. Di kolom pertama, tuliskan sembilan orang yang dekat dengan Anda serta sifat mereka yang melekat dalam ingatan Anda. Berikan penilaian Anda   terhadap sifat tersebut. P untuk sifat postif, dan N untuk negatif.
3. Di kolom kedua, tuliskan sifat-sifat diri Anda sendiri yang terpikirkan pertama kali, baik positif atau negatif. Kemudian beri penilaian terhadap sifat tersebut. P untuk positif, dan N untuk negatif.
4. Untuk masing-masing kolom, hitung selisih antara jumlah N dan P. Kemudian buatlah sebuah kuadran panah berbentuk salib. Masukkan nilai selisih untuk kolom satu pada bagian garis mendatar, dan nilai selisih nilai kolom dua pada bagian garis tegak lurus. Kemudian tariklah garis yang menghubungkan kedua nilai di kolom tersebut.
Misalnya, pada kolom satu, N= 4, dan P=5, maka selisihnya adalah 1P. Pada kolom dua, N=5 dan P=4, maka selisihnya adalah 1N atau -1. Maka penempatannya pada kuadran adalah sebagai berikut.
Dengan posisi seperti ini, berarti kepribadian Anda berada dalam kuadran IV.
kuad
Artinya:
1. Kuadran I
. Ini berarti Anda punya sifat "I'm ok, and you're not ok". Jika berada di kuadran ini, berarti Anda punya kepercayaan diri yang terlalu tinggi (over confidence). Kepercayaan diri memang sangat dibutuhkan, hanya saja jangan berlebihan dan lantas meremehkan orang lain.
2. Kuadran II. Hal ini berarti Anda memiliki sifat "I'm not ok, and you're not ok". Jika berada pada kuadran ini, artinya Anda memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah. Anda tak berani melakukan apapun, dan cenderung merasa serba salah dalam setiap keadaan.
3. Kuadran III. Ini berarti Anda punya sifat "I'm not ok, and you're ok". Dengan ada di kuadran ini berarti Anda merasa rendah diri yang tinggi. Anda menganggap bahwa orang lain selalu lebih baik dan lebih beruntung dibanding Anda.
4. Kuadran IV. Berada di kuadran ini berarti Anda punya sifat "I'm ok and you're ok". Dengan sifat seperti ini Anda menganggap semua orang setara, sehingga Anda memiliki kemampuan partnership dan berkawan yang sangat baik. Memiliki sifat seperti ini akan membantu Anda untuk menjalani hidup dengan bahagia dan percaya diri, karena bisa menempatkan rasa percaya diri dan potensi Anda dengan tepat. Mengukur Kepercayaan Diri dan Kebahagiaan Anda


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer