Breaking News
Loading...

Trik Mengatasi Google Dance


Pernah mendengar istilah Google Dance? Bagi anda blogger yang hoby bermain dengan SEO pasti mengenal istilah Google Dance. Karena Google dance sudah menjadi makanan kita sehari-hari. Nah, untuk itu, kini saya akan mem-bedah tuntas Google Dance. Sehingga dengan Pembahasan Google Dance ini, anda menjadi tidak asing dan mengenal apa itu Google Dance.

Apa Itu Google Dance?
Google dance adalah sebuah istilah yang diciptakan untuk lebih mudah mengenal pembaruan system indeks mesin pencari (google). Google dance di adakan pada system google untuk memperbaharui hasil pencarian google (system indeks, database, algoritma, dan lainnya). Namun, pemutakhiran system indeks google ini bukan berarti google beralih dari satu indeks ke yang lainnya seperti yang baru saja dilakukan google dengan Google Caffeine-nya. Melainkan hanya perbaikkan-perbaikan dari system indeksnya saja.


Kapan Terjadi Google Dance Dan Berapa Lama Itu Terjadi?
Tidak ada yang tahu pasti kapan google melakukan pembaruan system indeksnya (google Dance). Untuk berapa lama google dance terjadi tergantung dari seberapa besar mereka (pihak google) melakukan pembaharuan terhadap system indeksnya. Bisa 1 hari, 1 minggu, 1 bulan atau lebih.

Apa Tanda Terjadinya Google Dance?
Yang paling mencolok terjadi saat google dance adalah, banyaknya artikel kita yang melorot dari posisi sebelumnya. Misalnya saja artikel kita kemarin berada pada posisi 1 SERP Google, nah, kemudian saat ini artikel kita merosot tajam. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa google sedang melakukan pembaharuan pada system indeksnya (Dance).


Selama pembaharuan (dance), googlebot akan mengcrawl ulang (mengunjungi ulang semua situs yang ada pada databasenya). Mengindeks berapa banyak link yang mengarah ke suatu situs dan juga link keluarnya. Saat google melakukan pembaharuan (dance), maka hasil cari akan berubah drastis. Misalnya Jika pada biasanya artikel yang baru saja anda publish langsung berada pada halaman pertama, maka bisa saja saat google dance artikel anda tidak akan muncul di halaman pertama. bahkan untuk halaman paling belakang sekalipun.

Bagaimana Cara Mengatasi dan Menghadapi Google Dance?
Walau bagaimanapun, Google Dance hanyalah sebuah proses dimana google mau tidak mau harus melakukannya untuk menampilkan hasil cari yang benar-benar akurat dan di percaya oleh penggunanya. Jadi anda tidak perlu khawatir karena ini hanyalah bagian kecil dari suatu pengindeksan. Kalau situs/blog anda tidak melakukan sesuatu yang keluar dari TOS google, seharusnya anda bisa lebih santai dalam menghadapinya. Tidak ada yang perlu di khawatirkan karena posisi blog anda dalam SERP Google pasti akan kembali seperti semula atau bahkan menjadi lebih baik (Semoga saja...).

Namun sedikit saran dari saya, saat google dalam masa dance, sebaiknya anda tetap melakukan update untuk setiap artikel anda. hal ini untuk membuktikan bahwa situs/blog kita tidak di buat hanya untuk mesin pencari seperti google, melainkan juga untuk pengunjung (manusia). Selain itu jangan melakukan perubahan besar terhadap situs anda seperti mengganti template blogspot anda. Karena mungkin saja googlebot akan menurunkan posisi artikel anda pada SERP google.

Mungkin dengan di terbitkannya artikel ini bisa menambah wawasan anda di bidang SEO. Sehingga anda tidak asing lagi dengan berbagai istilah yang berkaitan dengan SEO. Selamat Membaca artikel lainnya.

3 komentar:

  1. wah keren share ilmunya.. maklum bener2 awam tentang SEO.thx gan..
    tukeran link yuk?

    BalasHapus
  2. oh gitu ya .... aku gak mahir SEO .... artikel yang kubuat juga ta banyak .... :D makasih, jadi gak perlu dipermasalahkan,,, meski aku sering ganti template :D hehe .........

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer