Breaking News
Loading...

Tips Membuat Pengunjung Betah Di Blog Anda

http://3.bp.blogspot.com/-qRE_Fl1aeqc/TfMAuKWVVMI/AAAAAAAAANk/ySuiW_iNTbc/s1600/seo-logo.png 
Memiiki blog yang populer dan sering dikunjungi oleh banyak netter tentu menjadi harapan setiap blogger, apalagi jika pengunjung Anda merasa betah dan bolak-balik ke dalam blog Anda, sehingga kunjungan blog Anda akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Berikut ada sedikitnya 7 hal yang membuat pengunjung blog Anda betah berlama-lama di blog Anda:

1. Tampilan Blog

Saya pernah menulis artikel bahwa “designmu adalah rezekimu”. Design atau tampilan blog adalah ujung tombak sebuah website / blog. Saat pengunjung blog masuk pertama kali maka yang pertama kali dirasakan adalah tampilan blognya, jika kesan pertama saat masuk di dalam blog tersebut memberikan kenyamanan bagi pengunjung maka pengunjung akan merasa betah berkunjung dan berkunjung kembali ke blog Anda.
Komponen yang mempengaruhi tampilan sebuah blog adalah bentuk blog, pewarnaan, penempatan materi blog, tulisan dsb.

2. Materi Blog

Materi / isi blog dapat berupa gambar, video, tulisan, link download atau hal-hal lainnya yang bermanfaat bagi pengunjung, usahakan sebuah blog memiliki “niche” atau sebuah topik khusus yang dibahas, seperti misalnya blog pribadi saya ini saat ini mengangkat tema Blogging dan Bisnis Online, sehingga karakter dan tulisan-tulisan yang berada di dalam blog ini lebih banyak diisi dengan hal-hal yang berkaitan dengan blogging dan bisnis online.

3. Kecepatan Akses Halaman

Biasa juga disebut dengan “loading speed” atau kecepatan akses halaman, saat pengunjung blog masuk maka biasanya toleransi yang diberikan oleh pengunjung blog sekitar 30 detik, dalam waktu segitu seluruh tampilan blog harus sudah terbuka, semakin cepat maka semakin bagus.
Loading page yang lama akan membuat ‘bete’ dan jenuh pengunjung sehingga tidak mau berlama-lama di dalam blog.

4. Menjawab Komentar

Jawablah setiap komentar yang masuk, berikan ucapan terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya, apalagi jika komentarnya berguna dan menambah informasi pada aritkel utamanya.
Sebagai tambahan bagi Anda pengguna WordPress maka coba pasang juga plugin “Comment Reply Notification” yang berfungsi untuk memberikan notifikasi melalui email kepada pengirim komentar di blog Anda saat Anda melakukan reply atau membalas komentarnya, dengan begitu pengunjung yang telah memberikan komentarnya dapat ingat kembali dengan blog yang Anda miliki.
Plugin-plugin seperti ini banyak jenisnya, fungsinya pun berbeda-beda, misalnya memberikan notifikasi saat komentar diapprove / ditampilkan oleh admin dsb, Anda dapat mencarinya di website resmi WordPress.

5. DoFollow Blog

Blog-blog dofollow memang lebih disukai sebagian blogger, khususnya bagi pencari backlink (dan spammer), blog yang beraliran dofollow kerap dikunjungi untuk diberikan komentar di kolom komentarnya sekaligus ditanam backlink. Saya pribadi kurang setuju kepada blog-blog yang menggunakan dofollow karena dapat menjadi sasaran utama para pencari backlink, sehingga orang yang memberikan komentar di blog dofollow terkadang hanya mau backlinknya saja dan isi dari komentarnya kurang / tidak berkaitan dengan isi artikel.

6. Bonus

Berikanlah pengunjung blog Anda bonus atau hal-hal gratisan lainnya, misalnya membuat program memilih komentar terbaik setiap beberapa minggu sekali atau membuat kontes lainnya yang memberikan manfaat dan hadiah sehingga pengunjung merasa terhibur dan lebih bersemangat berlama-lama di dalam blog Anda.

7. Pribadi Terkenal

Bagi Anda yang telah populer baik di dunia nyata ataupun dunia maya maka dapat menarik kunjungan ke dalam blog yang Anda miliki, misalnya Anda seorang artis atau seorang ahli tertentu yang dihormati maka tentu banyak orang yang ingin mengenal Anda lebih dekat lagi melalui blog yang Anda miliki.
Nah, yang manakah dari 7 hal di atas yang Anda miliki? ataukah semuanya Anda miliki? :) Teruslah blogging dan berbagi hal-hal bermanfaat, mudah-mudahan blog akan ramai dengan sendirinya dan pengunjung betah berlama-lama di dalam blog Anda sehingga blog Anda lebih populer dan berguna / memberikan hal positif kepada banyak orang.

friend source : http://putraperdhana.com/2011/06/16/7-hal-yang-membuat-pengunjung-blog-betah-di-blog/

12 komentar:

  1. salam sahabat, pertanyaan ini sering timbul sewaktu-waktu . Tiap tulisan perlu dibaca bukankah artikel untuk pembaca. 7 trik ini perlu dikombinasikan itu bagus sekali tapi saya baru dalam tarap berkomentar saja Gan, tks tips-nya... MAMTAP

    BalasHapus
  2. Hehe.. sip mas :D infonya bermanfaat. :)

    BalasHapus
  3. info bagus nih, tapi saya ngga pake dofollow, hehee

    BalasHapus
  4. Waahhh kayaknya Point 1 sampai 6 ada di blog gue bgt deh....wkwkwkwkwwk
    Tulisannya mantap sob...sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  5. makasih gan yang sudah berkunjung & komen semoga saya bisa memberikan info2 yang bermanfaat lagi...

    BalasHapus
  6. tutorialnya bagus-bagus gan...
    sangat membantu buat blogger baru seperti saya....
    o iya,, follow balik ya gan...

    BalasHapus
  7. posting bagus, apalagi klo visitornya berasal dari search engine bukan cuma dari shoutbox, dijamin traffic meroket ..... postingnya siiplah..

    BalasHapus
  8. Sharing yg menarik sob...bisa jadi bahan untuk kemajuan blog saya sob..thanks..

    BalasHapus
  9. kalau mau penngunjung betah di blog kita,,

    kasih ja uang habis perkara..

    wkwkwkwkwk..

    nice info gan

    BalasHapus
  10. Infonya keren Mas. Foll #408 .. FlBck ya

    BalasHapus
  11. @ realfa17 : Folback Sukses Gan.
    @ mastokkenari : wihh itu yang saya mau gan visitor dari google..bukan hanya traffic meroket tapi blog menjadi terkenal
    @ karimun : same2 :)
    @ Bangjal Dua Tiga : hahaaha bisa aja gan. thanks juga atas kunjungannya.
    @ Asoka Site : Folback sukses gan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer