Breaking News
Loading...

Teknik SEO lewat Squidoo

http://media.tumblr.com/tumblr_ljueb4biL81qcdwh5.jpgSquidoo mengijinkan para penggunanya untuk membuat sebuah halaman website pribadi mereka. Squidoo

Squidoo memang di desain sebagai sebuah aplikasi yang mampu mewujudkan membuat website dengan cara yang sangat mudah. Memiliki tampilan yang sangat user friendly dan juga cara kerja yang mudah untuk di mengerti menjadi keunggulan dari squidoo ini.

Banyak orang yang mulai menggunakan squidoo ini untuk berkomunikasi dengan para user di dunia internet dan mengirimkan pesan mereka kepadanya. Selain itu squidoo juga mengijinkan Anda untuk membuat sebuah halaman yang berisi promosi tentang website atau blog yang Anda buat, pelayanan atau jasa yang Anda sediakan, sampai dengan penjualan produk pribadi milik Anda.

Ada satu hal yang sangat menarik dari squidoo ini dan mungkin inilah penyebab mengapa banyak orang didunia menggunakan squidoo ini, yaitu squidoo sangat disukai oleh search engine terutama google. Halaman web squidoo ini sangat cepat dan mudah sekali terindex dalam search engine, berbeda dengan website atau blog yang harus dilihat terlebih dahulu kualitas dan juga ratingnya.

Namun walaupun squidoo ini begitu hebat dan sangat mudah penggunaannya, ada hal yang perlu Anda ketahui bahwa hanya membuat halaman web dengan squidoo saja itu tidak cukup untuk bisa mendapatkan popularitas dan tentunya hasil yang diinginkan. Halaman web pada squidoo yang disebut sebagai Lens ini harus dioptimasi lebih lanjut agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

Lalu optimasi seperti apakah yang diperlukan?

Setelah halaman web squidoo di-publish dan resmi bisa diakses secara online diinternet, search engine akan langsung mendata dan menangkap halaman tersebut, kemudian menilai halaman web tersebut. Cara yang paling umum dilakukan search engine untuk menilai sebuah halaman web adalah mengirimkan sebuah bot-spider yang digunakan untuk melihat isi dan juga keyword yang ada didalam halaman web tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda membuat halaman web squidoo tentang cara memelihara ikan, maka search engine akan mengirimkan bot-spidernya ke halaman web squidoo yang baru Anda buat dan kemudian mencari keyword-keyword penting untuk topik tersebut. Dalam hal ini keyword tersebut bisa “budi daya ikan”, ”ikan”, “ikan hias” dan keyword lainnya yang saling berhubungan.

Semakin banyak penggunaan keyword-keyword tersebut didalam halaman web squidoo Anda maka semakin besar peluang halaman web Anda ditampilkan pada search engine ketika keyword tersebut dicari

Teknik optimasi seperti ini disebut sebagai SEO (Search Engine Optimization), dimana optimasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan sebuah halaman terhadap pencarian search engine yang kemudian hasil pencarian tersebut ditampilkan pada SERP (Search Engine Result Page)

Contoh halaman hasil pencarian search engine google dengan kata : “ikan hias”
Pentingkah SEO dalam Squidoo?

Untuk membuat sebuah artikel Anda bukan hanya dituntut untuk mampu membuat artikel yang berkualitas dan tentunya bersifat original, namun Anda juga harus memasukkan keyword-keyword yang Anda anggap menjadi keyword penting yang mewakili artikel tersebut. Karena dengan memasukkan keyword-keyword penting itu, Anda buka hanya bisa mendapatkan nilai lebih dari search engine, tapi juga rating yang tinggi yang bisa menempatkan Anda pada posisi teratas hasil pencarian.

Halaman web Squidoo (Lens) bisa dikatakan sama dengan halaman website atau blog pada umumnya. Sudah umumnya para pemilik website (Webmaster) berusaha mengoptimalkan websitenya agar bisa terindex ke dalam search engine dan muncul dalam hasil pencarian. Dengan menggunakan teknik SEO ini para webmaster bisa dengan lebih mudah mendapatkan posisi yang sangat bagus pada hasil pencarian search engine.

contoh Halaman Squidoo

contoh Halaman Web / Blog
Jika pada website atau blog Anda harus sedikit bersusah payah untuk bisa terindex pada search engine, pada squidoo hal ini menjadi lebih mudah karena seperti penjelasan yang sebelumnya, squidoo sangat disukai oleh search engine khususnya google. Jadi jika Anda mengkombinasikan squidoo dan SEO ini pada lens squidoo Anda maka akan semakin besar peluang dari lens squidoo Anda untuk bisa tampil pada halaman pencarian search engine. Karena itu SEO sangatlah penting dalam lens squidoo jika Anda ingin mencapai hasil yang maksimal.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa alasan mengapa SEO begitu penting jika diterapkan pada halaman squidoo, yaitu :

1. Squidoo mudah terindex oleh Google

Dengan mudah terindex oleh google maka Anda akan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan posisi terbaik dari hasil pencarian search engine google.
2. Squidoo bisa lebih efektif dibandingkan website atau blog

Squidoo yang digabungkan dengan SEO bisa lebih efektif dari pada Website atau Blog yang digabungkan dengan SEO, karena squidoo hanya memiliki satu halaman yang bisa Anda maksimalkan sepenuhnya tidak seperti website atau blog yang bisa memiliki banyak halaman.

3. Berpeluang besar mendapatkan posisi pertama search engine

Jika website atau blog bisa berpeluang memperoleh posisi pertama search engine dengan berbagai teknik SEO, maka squidoo pun juga bisa. Karena hampir tidak ada perbedaan halaman web squidoo, website dan juga blog.

4. Lebih sesuai dengan topik

Mungkin Anda pernah melihat sebuah website atau blog yang judul topiknya tidak sesuai dengan artikel didalamnya, mengapa? Ya, karena website atau blog tersebut memiliki banyak halaman dimana halaman tersebut saling bercampur aduk, sehingga sulit menentukan website atau blog tersebut berkategori apa. Berbeda dengan squidoo yang hanya memiliki satu halaman yang tentunya hanya bisa berisi satu topik saja, sehingga lebih sesuai dimata pengunjung ataupun search engine

Dengan menerapkan SEO dalam halaman squidoo Anda (Lens), maka Anda bisa dikatakan berpeluang masuk dalam posisi teratas hasil pencarian search engine dan juga halaman top 100 squidoo lens.

Demikian semoga bermanfaat,
juga mengijinkan penggunanya untuk meraih income dengan menggunakan berbagai metode yang dikehendaki oleh para penggunanya.

1 komentar:

  1. kemarin rencana mau coba-coba tapi bingung, heheee :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer