Breaking News
Loading...

Buat 2 Partisi Dalam Flasdisk

Bingung Dengan Judulnya?
Nah.. nah.. nah.. Sebuah Terobosan baru! tak hanya harddisk yang dapat dibuat partisi (drive), sekarang flashdisk juga bisa! wow…. Gimana caranya? oke kali ini maha akan memberikan cara untuk membuat partisi didalam flashdisk.
Mungkin Teman anda akan terheran heran apabila melihat flashdisk anda memiliki 2 drive/partisi apabila dicolokan di komputernya. Cara ini telah maha coba pada windows Xp, klo untuk Linux dan windows Vista saya belum pernah mencobanya (silahkan coba di OS lain). Tapi Cara ini cukup berisiko dan tak ada yang nanggung apabila flashdisk anda rusak. Karena cara ini dapat menyebabkan flashdisk anda error atau rusak tapi kemungkinan kerusakan yang ditimbulkan hanya 20% . Saya harapkan sebelum anda sudah membackup data anda terlebih dahulu sebelum mencoba cara berikut:
Proses pembuatan partisi dalam Flashdisk USB.
A. Membalik RMB Flashdisk
1. Download fileBootIt tool dan extract ke dalam PC AndaTancapkan Flashdisk Anda dan jalankan BootIt.exe
2. Pilih Flip Removable Bit:
3. Cabut flashdisk, dan tancapkan kembali. Sekarang seharusnya Flashdisk Anda akan terdeteksi sebagai Fixed Disk (bukan sebagai removable disk). Anda dapat memeriksanya dengan mengklik kanan Flashdisk dan lihat di Device Properties.
B. Membuat partisi dalam Windows
Langkah berikut ini mensyaratkan Anda sudah membalik RMB Flashdik seperti disebutkan dalam langkah A. di atas.
1. Pilih Start > Run, ketik diskmgmt.msc [OK]
2. Dalam jendela Disk Management, klik kanan Flashdisk Anda dan pilih Delete Partition
3. Klik kanan Flashdisk Anda kembali dan pilih New Partition
4. Ikuti langkah dalam New Partition Wizard dan buat ‘Primary Partition’. Saat berada pada pilihan Partition Size, Pastikan Anda memasukkan nilai yang lebih kecil dari kapasitas maksimal flashdisk Anda untuk menyisakan ruang bagi partisi berikutnya.
5. Lanjutkan Wizard, memberi Pilihan Abjad dan memformat partisi. Saya merekomendasikan FAT32.
6. Setelah selesai membuat partisi pertama, Anda dapat menambahkan partisi tambahan dengan mengulangi langkah 3 hingga 5 pada space kosong yang tersisa dalam flashdisk.
7. Setelah semua selesai, Anda akan mendapatkan beberapa partisi dalam flashdisk dan terdeteksi sebagai drive yang dapat dipakai secara terpisah dalam Windows.
Jika karena sesuatu dan lain hal Anda pengen mengembalikan flashdisk dari Fixed Disk ke kondisi semula, caranya cukup gampang:
1. Klik kanan pada Bootlt.exe, pilih Run As > Administrator. Di sini Anda (mungkin) akan diminta konfirmasi dan perlu menyediakan password Administrator.
2. Pilih drive flashdisk anda > klik tombol Flip Removable Bit.
3. Cabut flashdisk dan colokkan kembali. Sekarang Flashdisk Anda akan kembali menjadi Removable Disk.
Silahkan dicoba,… untuk selengkapnya bisa bertanya dibawah artikel ini…
Dikutip dari http://mahadesain.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer