Breaking News
Loading...

Cara Mengenali Kepribadian Lawan Bicara

13.53

Cara Mengenali Kepribadian Lawan Bicara . Di dalam bukunya, Erwin sekaligus memperkenalkan sebuah instrumen karyanya, EPCP (Erwin Parengkuan Communication and Personality), yang disusun sebagai alat bantu untuk menganalisis tipe kepribadian beserta cara mereka berkomunikasi. Empat tipe kepribadian yang menjadi bahan kajian adalah tipe si agresif, si perinci, si kuat, dan si damai. Bagaimana Cara Mengenali Kepribadian Lawan Bicara ? Berikut sekelumit ciri-cirinya yang kami simpulkan dari isi buku.

Bicara agresif
Sebagai orang yang supel dan mengandalkan pendekatan terhadap orang lain untuk berkomunikasi, si agresif biasanya berbicara dengan bahasa yang spontan, hangat, dan apa adanya.
Cara menghadapi mereka: Lawan bicara harus memahami keinginan-keinginan mereka. Harus sama gesit dan sama pastinya dalam bersikap.
Erwin menyebutkan, orang-orang agresif akan menyatakan langsung keinginan mereka kepada lawan bicaranya. Misalnya, ketika membuat satu janji pertemuan, mereka akan tepat waktu, dan akan berani menagih Anda yang tidak sama tepat waktu. Berbicara dengan mereka, tidak perlu terlalu kaku atau dibuat-buat. Bicaralah apa adanya. Oh iya, salah satu hal menyenangkan dari orang-orang tipe agresif, mereka tidak pernah menyimpan dendam. Mereka cepat lupa dan tidak pernah mengungkit-ungkit cerita lama.

Bicara rinci
Mungkin sepintas kita mengenal mereka sebagai orang yang gemar bertele-tele. Orang-orang perinci adalah mereka yang mampu berbicara panjang-lebar tentang sesuatu hal.
Cara menghadapi mereka: Satu hal yang pasti, orang yang menjadi lawan bicara mereka harus berani memotong pembicaraan. Kalau tidak, si perinci akan terus memaparkan pikiran-pikirannya tanpa terputus.
Bahkan mungkin kalau dibiarkan terlalu lama akan jadi ngalor-ngidul. Pembicaraan akan menjadi sesuatu yang buang-buang waktu, karena apa yang dipaparkan bisa jadi melebihi dari apa yang Anda butuhkan. Misalnya, seorang pewawancara di televisi tengah menggali informasi dari narasumber yang rata-rata termasuk tipe si rinci. Menjawab satu pertanyaan saja, mereka bisa amat menuturkan dengan detail. Kalau pewawancara tidak tegas, durasi menjadi taruhan tuh! Dan pertanyaan berikutnya bisa-bisa tidak sempat diajukan. 

Bicara kuat
Seperti orang-orang yang jarang berkata-kata, tetapi sekali mulutnya terbuka, para pendengarnya harus berhati-hati. Karena biasanya yang mereka ucapkan adalah hal-hal lugas dan to the point.
Cara menghadapi mereka: Sama sekali tidak disarankan untuk banyak berbasa-basi dengan orang-orang tipe ini. Mereka adalah orang yang bisa dikatakan paling mengetahui segala sesuatu hal, dan itu sangat jauh ke depan. Satu hal yang perlu menjadi catatan khusus, orang-orang tipe si kuat seperti tidak membutuhkan teman-teman di dalam kehidupannya. Misalnya saja di acara-acara keramaian, mereka akan nampak enjoy menikmati waktu sendirian. Bukannya sama sekali tidak boleh bagi Anda menghampiri mereka. Hanya saja, Anda patut memikirkan baik-baik tentang apa yang akan Anda lontarkan, kecuali siap menerima kata-kata lugas dari mereka yang seringkali membuat hati terluka. Hehehe. 

Bicara damai
Kecenderungan orang-orang tipe si damai, mereka tidak mau menciptakan konflik dengan orang lain. Oleh karena itu, gaya berbicara mereka agak pasif dan tidak dominan.
Cara menghadapi mereka: Mungkin istilah nrimo cocok disematkan kepada orang-orang tipe ini. Tetapi, sikap nrimo dari mereka tidak selamanya menyenangkan. Kadang malah merepotkan dan serba tidak pasti. Si damai akan selalu bilang “terserah” kepada lawan bicaranya. Jadi, siapa yang hendak berhubungan dengan mereka harus memiliki kontrol dan ketegasan.
Misalnya saja ketika membuat janji dengan mereka, lawan bicara harus berani menyatakan tempat dan waktu bertemu secara pasti. Karena karakternya yang pembawa kedamaian, mereka hampir selalu disukai dan banyak temannya. Mereka mudah didekati karena selalu menerima dengan senyuman tulus siapapun yang menghampiri.
Satu hal, jangan berbicara dengan nada yang keras atau berpotensi membuat luka. Walau damai, mereka cenderung menyimpan luka di dalam hati. Sekalinya terluka, mungkin dia tidak akan damai lagi dengan Anda, lho! Sebagai catatan khusus, Erwin berharap si damai tidak sering-sering atau terlalu banyak berinteraksi dengan si kuat. Karena bisa mengakibatkan depresi. Wah!
Dengan Mengenali Kepribadian Lawan Bicara  tersebut berkomunikasi, maka Anda akan tahu bagaimana caranya menghadapi mereka di dalam keseharian, lingkungan sosial, atau pekerjaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer