Breaking News
Loading...

Tool SEO Google Keyword yang Bermanfaat


http://www.bashbosh.com/wp-content/uploads/2010/07/google-seo.jpg Kali ini kita akan membahas tentang beberapa tool dari Google yang bisa kita manfaatkan untuk menentukan keyword yang akan kita pakai. Semua tool ini gratis dan tidak ada salahnya untuk kita coba.







1. Google AdWords Keyword Tool

google-adwords-keyword-tool Alat ini cukup penting sebagai referensi kita dalam menentukan sebuah keyword. Alat ini dirancang untuk pengiklan PPC (paid per click). Google AdWords Keyword Tool adalah elemen utama yang sangat berharga untuk SEO. Alat ini memberikan akan memberikan saran kepada kita tentang keyword yang sebaiknya kita pilih. Saran tersebut berdasarkan pada konten/isi dari blog/web yang kita kelola. Selain itu, alat ini juga akan memberikan data nilai jual keyword yang disarankan berdasarkan jumlah pengiklan yang menggunakan keyword tersebut. Kita juga akan mengetahui seberapa banyak keyword tersebut diminta oleh pengguna internet pada mesin pencari Google dan mitra-mitra bisnisnya.

2. Google Search-Based Keyword

Tool google-search-based-tool Sama seperti Google AdWord Keyword Tool, alat ini dirancang bagi para pengiklan PPC. Alat ini digunakan untuk mencari peluang baru agar keyword yang kita gunakan mendapatkan akses pada mesin pencarian organik Google. Masih menyarankan keyword berdasarkan relevansi dengan konten atau isi dari blog kita, dilengkapi dengan data tingkat kompetisi bila kita menggunakan kata kunci tersebut.

3. Google Suggest

google-suggest Alat yang cukup sederhana dalam pemilihan keyword. Bila kita melakukan pencarian di Google, setelah kita mulai mengetikkan sebuah kata kunci, Google akan memberikan saran berupa daftar kata kunci (biasanya daftar kata kunci yang menurun ke bawah). Kata kunci yang disarankan oleh Google pada alat ini, didasarkan pada tingkat popularitas permintaan akan keyword yang bersangkutan.

4. Related Searches

related-searches Satu lagi alat dari Google yang bisa membantu kita dalam menentukan keyword utama. Alat ini biasanya diletakkan di bagian bawah pada hasil pencarian organik Google. Kita akan melihat tulisan ‘Searches related to [kata kunci yang kita minta]’ Untuk mendapatkan kata kunci yang lebih bahkan saran klik link ‘Tampilkan pilihan’ di sudut kiri atas dan beralih ke ‘pencarian Terkait’ tampilan. Setelah Anda melakukannya, sebuah blok diperpanjang kata kunci yang berhubungan dengan pencarian Anda akan muncul di atas hasil pencarian. Untuk menampilkan alat ini, klik link ‘Show options’ di pojok kiri atas, kemudian klik ‘Related searches’. Setelah itu akan muncul pop up menu yang berisi keyword terkait dengan keyword yang kita gunakan.Ilmunyata


5. Google Wonder Wheel

google-wonder-wheel Tepat di bawah menu pencarian terkait (related searches) ada menu pilihan lain yang dapat membantu kita dalam melihat popularitas kata kunci yang kita gunakan. Alat ini bernama Google Wonder Wheel. Alat ini akan memberikan tampilan visual kepada kita tentang kata kunci yang bersangkutan.

6. Google Sets

google-sets Google Sets adalah keyword tool hasil eksperimen dari Google Labs. Alat ini akan menciptakan satu set kata kunci dari beberapa kata kunci yang kita masukkan. Kita hanya perlu memasukan satu atau beberapa kata kunci, dan alat ini akan menghasilkan prediksi kata kunci yang terkait.

7. Google Trends google-trends

hot-topics

Google Trends akan memberikan data seberapa sering sebuah kata kunci diminta oleh pengguna internet pada mesin pencari Google. Selain itu kita juga akan melihat grafik tentang naik turunnya permintaan akan sebuah kata kunci. Alat ini akan menampilkan juga prediksi trafik dan memberikan informasi tentang negara yang paling banyak meminta kata kunci yang bersangkutan. Kita dapat menganalisa 5 keyword sekaligus dan melihat perbandingannya dalam suatu diagram grafik. Hal lain yang menarik tentang Google Trends adalah bahwa ia memperlihatkan kepada kita topic/tema yang paling populer saat ini. Alat ini akan menginformasikan kepada kita tentang 10 hal yang saat ini sedang naik daun dan 10 kata kunci yang terkait dengannya.

8. Google Trends

for Websites trends-for-websites Dengan alat ini kita akan dapat menganalisa pengunjung di suatu web dan mencari tahu situs apa saja yang juga mereka minati. Selain itu, kita juga akan mengetahui kata kunci terkait yang mereka minta. Alat ini akan menghasilkan data-data tentang: a. Unique visitor pada situs tersebut b. Lokasi geografis pengunjung c. Situs-situs lain yang mereka (pengunjung) kunjungi d. Kata kunci lain yang sering mereka minta

9. Google Insights for Search

insights-for-search Alat ini adalah versi advance dari Google Trends yang memiliki tujuan yang hampir sama antara keduanya, yaitu menganalisa trend pencarian, minat akan kata kunci tertentu, demografi, dll. Alat ini memiliki option menu sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan Google Trends.

10. YouTube Keyword

Tool you-tube-keyword-tool Bila kita melakukan optimasi mesin pencari dengan media video, kita bisa menggunakan alat yang satu ini. Dengan alat ini, kita bisa mengidentifikasi kata kunci populer yang saat ini begitu diminati oleh pengguna Youtube. Kita bisa meminta saran tentang suatu kata kunci dengan cara: a. Kita memasukkan istilah/kata kunci tertentu b. Kita bisa memasukkan ID akun Youtube kita dan akan ditampilkan deretan kata kunci yang terkait c. Kita bisa mengeksplorasi kata kunci apa yang saat ini sedang mencari trend pencarian di Youtube

11. Google Analytics

Alat yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Dengan alat ini kita akan mengetahui tingkat popularitas dari kata kunci yang kita gunakan. Alat ini akan menampilkan data-data secara detil dan akurat. Alat ini menjadi referensi sebagian blogger/webmaster dalam menentukan keyword utama.

12. Google Search

Alat yang terakhir adalah Google Search sendiri. Kita bisa menggunakan mesin pencari Google sabagai alat riset kita dalam menentukan keyword yang akan kita pilih. Dengan menggunakan menu advance search, kita bisa mencari kata kunci baru, istilah-istilah terkait dan mungkin bisa memberi ide kepada kita tentang isi blog/web yang akan kita kelola.

Demikianlah informasi tentang beberapa tool dari Google yang bisa kita manfaatkan dalam menentukan atau memilih keyword utama bagi blog/web yang kita kelola. Mohon maaf jika ada kesalahan informasi. Semoga berkenan

Sumber : http://seo-publisher.co.cc

1 komentar:

  1. izin buat referensi buat ane posting diblog ane ya mas... ^_^

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer