Breaking News
Loading...

Karya Seni Termahal di Dunia (14 trilyun)

http://clairereilly.files.wordpress.com/2008/03/giacometti.jpg

Patung ukiran buatan pemahat terkenal Alberto Giacometti, L'Homme Qui Marche I atau lebih dikenal dengan Walking Man menjadi karya seni termahal yang pernah dijual dalam sejarah dunia pelelangan. Patung yang terbuat dari perunggu itu terjual dengan harga 65.001.250 (Poundsterling) atau 104.327.006 dolar AS (Rp 1,432 triliun).

Harga tersebut mengalahkan rekor karya seni termahal sebelumya, yaitu lukisan sang pelukis legendaris Pablo Picasso, Garon la Pipe yang terjual Rp 1,41 triliun pada 2004.Walking Man juga mengalahkan Portrait de Mme L.R., ukiran karya Constantin Brancusi senilai Rp 370 miliar.

Terdapat empat calon pembeli utama yang menawar harga Walking Man melalui telepon, termasuk Nancy Whyte asal New York yang berhenti di 23 juta. "Ini benar-benar gila," ucap Whyte yang mengaku kaget atas harga patung tersebut. Tak hanya Whyte, sejumlah "pemain" lama pun tidak menyangka harga karya Giacometti itu dapat melonjak sebegitu tajamnya. Pemenang dari pelelangan ini adalah Philip Hook, seorang pakar seni senior.

Terdapat dua versi dari Walking Man, yaitu I dan II. Kedua patung ini diyakini banyak orang sebagai mahakarya Alberto Giacometti.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer