Breaking News
Loading...

Trik Agar Blog Menjadi Ringan



Memiliki blog yang ramai pengunjung adalah impian bagi para blogger, iya nggak???
Salah satu faktor yang paling mempengaruhi hal tersebut adalah berat tidaknya suatu blog yang kita miliki...karena pengunjung blog biasanya lebih senang dengan blog yang ringan dan mudah diakses, dengan begitu pengunjung  akan senang mengunjungi blog kita...


tapi kalau blog yang kita miliki berat dan sulit diakses, pengunjung pasti akan malas mengunjungi blog kita kembali...
Sebenarnya sih menurut saya kecepatan blog yang saya dan sobat blogger miliki itu relatif, tergantung dari kecepatan koneksi, kalau kecepatannya tinggi pasti blog kita bisa diakses dengan cepat, tetapi bagaimana kalau pengunjung blog kita memiliki kendala dengan kecepatan koneksi, atau kecepatan koneksinya sedang turun, pasti blog kita akan terlihat berat. nah disini saya sudah mengumpulkan beberapa tips & trick yang mungkin berguna bagi sobat blogger yang blognya berat...
Sobat blogger bisa mengecek kecepatant blog sobat disini  Website speed test, caranya masukkan alamat blog/URL blog sobat, lalu klik check...

berikut Tips & Trinknya: 

1.   Pemilihan Template.
      Gunakanlah Template yang ringan namun tetap terlihat menarik dimata pengunjung, dan tidak mengandung terlalu banyak kolom,dan simple dengan navigasi yang mudah. hal ini dapat mempercepat loading blog kita.

2.   Pemilihan Widget.
      Batasilah pemakaian widget yang tidak terlalu penting,seperti jam,kalenderdan sebagainya. jangan menggunakan widget  seperti flash dan animasi yang tidak begitu diperlukan, karena akan memperlama loading blog kita.

3.   Hindari Pop up Iklan. 
    pop up iklan sama seperti javascript dan hanya membuat blog menjadi lambat.

4.   Kurangi efek marquee.
      penggunaan efek marquee atau efek animasi/teks berjalan memang terlihat cukup bagus dan berguna untuk menyampaikan informasi, namun bila terlalu banyak menggunakannya maka hanya akan membuat loading blog menjadi lama.

5.    Kode HTML/Script dalam postingan.
       Minimalisir penggunaan font blod, italic atau underline pada postingan, dan bila postingan anda membutuhkan gambar, jangan gunakan gambar yang berukuran besar, serta kurangi pemberian warna pada teks, dan pemberian link pada postingan. karena semua itu menggunakan kode HTML tambahan.

6.   Kompress CSS Template.
      mengcompress CSS template kita juga sangat berguna untuk mempercepat loading blog kita.
berikut caranya:
(disarankan untuk memback up template anda terlebih dahulu)
  • Login ke Blogger
  • Masuk ke design
  • Pilih edit HTML, lalu centang Expand Template Widget
  • Copy semua kode setelah <b:skin><![CDATA[/* dan sebelum kode ]]></b:skin> (gunakan Ctrl+f agar mudah mencari kode tersebut)
  • Masuk ke http://www.csscompressor.com/ 
  • Paste kode yang tadi di Copy pada kotak CSS input, lalu klik Compress
  • Setelah selesai, Copy kode hasil Compressan dan pastekode tersebut setelah <b:skin><![CDATA[/* dan sebelum kode ]]></b:skin>
  • Klik "Save Template" 
Sobat blogger bisa kembali mengukur kecepatan blog di Website speed test 

Semoga Tips & Trick yang saya berikan ini bermanfaat bagi sobat blogger..

1 komentar:

  1. Blog saya sangat sederhana, tapi proses loadingnya berat. Score hanya 85. Terima kasih infonya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog sederhana ini, Tidak ada salahnya untuk memberikan komentar untuk kemajuan blog ini.
Catatan komentar yang tidak ditampilkan :
1. Komentar SPAM
2. Komentar tidak bermutu / tidak nyambung.
3. Memasukan Link ke dalam kotak komentar blog.

 
Toggle Footer